Friday, November 7, 2008

Cara Percepatkan Solat Terawih

SOALAN:
Assalamu'alikum, Habib.
Saya telah membaca cukup banyak pertanyan tentang sholah tarawih. Saya juga baru mengetahui di forum ini bahwa sholah tarawih dengan cepat merupakan sunnah Nabi kita. Yang ingin saya tanyakan adalah bagaimanakah cara kita mempercepat sholat tarawih kita? Apakah dengan menyingkat bacaan-bacaan di setiap gerakan sholat? Kalau memang iya bacaan apa saja yang bisa disingkat dan bacaan apa saja yang tidak bisa disingkat? Karena saya sering mengalami pada tahiyyat akhir belum sempat membaca "innaka hamidummajid" imam sudah membaca salam.
Terima kasih, Habib atas segala bimbingannya.
Jazakallah.
Wassalamu'alaikum

HABIB MUNZIR:
Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Rahmat dan kelembutan Allah swt semoga selalu menerbitkan kebahagiaan pd hari hari anda,

Saudaraku yg kumuliakan,
dalam rukuk dan sujud, kita bisa menyingkatnya menjadi satu kali subhanallah saja atau 3X subhanallah, walau bukan subhana rabbiyal a'la wabihamdih 3X / subhana rabbiyal adhimi wabihamdih 3X.

Sesingkat2nya rukuk dan sujud adalah kadar tumaninah (tumaninah = subhanallah 1X), yaitu sekitar satu detik, itulah minimalnya, jika kurang dari itu maka batal shalatnya.

Mengenai tahiyyat anda bisa menyempurnakannya karena imam masih akan membaca doa antara tarawih, dan akan membaca fatihah, kita sempat menyelesaikannya insya Allah, demikian yg saya lakukan, saya tetap melengkapi tahiyyat akhir, jika tidak sempat maka ada pendapat boleh disingkat hanya sampai shalawat pada Nabi dan keluarga Nabi saw.

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga sukses dg segala cita cita, semoga dalam kebahagiaan selalu,

Wallahu a'lam


sumber

No comments: